Sunday, May 2, 2010

Rawon Nguling @Nguling



Ini dia salah satu makanan favorit di Jawa Timur, Rawon! Bagi orang Indonesia, khususnya jawa timur, makanan ini sudah tak asing lagi menghiasi rumah makan sekitar dan tak jarang jadi pilihan santapan pagi/siang. Rawon Nguling merupakan salah satu rawon tertua dan terenak di Jawa Timur, tepatnya di kota Nguling. Bahkan Presiden SBY pun sempat mampir di sini, seperti bisa dilihat foto nya di dalam rumah makan.

Kuah hitam pekat dengan aroma dan citarasa khas rempah2 indonesia, ditambah irisan daging yang empuk, dan disajikan dlm keadaan hangat menggoda, membuat Rawon Nguling menjadi menu favorit di tempat ini. Rumah makan Rawon Nguling tidak pernah sepi pengunjung, selalu saja ada pengunjung, baik penduduk setempat ataupun orang yg sedang travel/bekerja di luar kota.

Lokasi nya sendiri berada di kota Nguling, daerah agak luar dari Probolinggo. Dari Surabaya, kira2 memakan waktu kurang lebih 2 jam. Karena itu, banyak orang yg sedang travel ke daerah Probolinggo/Jember byk mampir ke tempat ini untuk mengisi perut.

Saya sendiri pertama kali mencicipi rawon nguling pada saat perjalanan menuju Jember. Sekitar jam 8 pagi sampai di lokasi, tempat ini sudah dipenuhi banyak pengunjung. Rumah makan ini cukup besar, sehingga saya bersama 1 orang rekan kerja saya tidak kesulitan untuk mencari tempat. Kami memesan 2 porsi rawon dan 1 otak goreng.

Untuk harga, tidak terlalu murah, Rp. 15,000 untuk seporsi rawon dan Rp. 9000 untuk satu potong otak goreng. Menurut saya, harga ini cukup berimbang dengan kualitasnya yg memang yahud.

Rumah makan Rawon Nguling sendiri sudah berdiri sejak lama, bahkan di surabaya pun sudah buka beberapa cabang. Tapi menurut saya, cabang2 yg di surabaya kurang standard. Mungkin karena beda tangan dari si tukang masak.

No comments:

Post a Comment