Sunday, June 20, 2010

Nasi Empal Udang Bu Rudi @Surabaya, Sambalnya mantappp ...


Sambal sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan sebagai pendamping makanan sehari-hari warga Surabaya. Ada berbagai macem jenis sambal mulai sambal terasi, sambal pencit, dll ... Salah satu sambel yang tidak boleh dilewatkan di kota Surabaya adalah sambal Bu Rudi (diambil dari nama pemiliknya). Berlokasi di jalan Dharmahusada, depot "Bu Rudi" merupakan salah satu restoran favorit saya di Surabaya.

Khususnya di pagi hari, tempat ini selalu ramai dipadati pelanggan untuk bersantap pagi di sana ataupun untuk dibawa pulang. Menu andalannya adalah Nasi Empal Udang Bu Rudi, yang terdiri dari nasi hangat mengepul, udang kering gurih, empal, taburan poyah halus dan serungdeng di atasnya, dan tentunya sambal spesial khas Bu Rudi!

Sambel yang satu ini punya citarasa khas yang sulit didapatkan di tempat manapun. Rasanya gurih dan pedasnya nendang!! Kombinasi bawang putih, bawang merah, dan cabe yang berbaur menjadi satu menghasilkan aroma luar biasa yang membuat kita meneteskan air liur. Disantap bersama dgn udang kering dan taburan poyah dan serundeng, benar-benar membuat lidah bergoyang dan mulut serasa tak mau berhenti menyantap. Jangan heran jika keringat anda terus mengucur saat menyantap menu spesial ini. Untuk para penggemar sambal, jangan khawatir bahwa porsi sambal nya masih terasa kurang. Di atas meja, tersedia satu se-toples kecil sambal untuk di santap.

Saat ini, Depot "Bu Rudi" sudah membuka cabang di jalan Kupang Indah dan Pasar Atum. Dan selalu ramai oleh pengunjung. Untuk anda yang datang dari luar kota, sangat convenient jika anda bermaksud untuk membawa udang dan sambalnya ke kota anda, karena di sana sudah disediakan packing untuk bawa pulang. Saat saya masih bersekolah di luar negeri, udang dan sambal ini tidak pernah luput untuk saya bawa ke sana untuk pendamping makan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment